The Cute Blue Star.

Haii #sahabatbunaken pernah melihat Bintang Laut Biru ini nggak? 

Linckia laevigata merupakan salah satu Asteroidea yang termasuk dalam famili Ophidiasteridae. Biasanya juga disebut “Linckia biru” atau Blue Star merupakan jenis bintang laut di perairan dangkal tropis Indo-Pasifik. 

Bintang laut ini memiliki 5 buah lengan berbentuk silindris dan tumpul pada ujungnya. Pada bagian aboral, Linckia laevigata memiliki madreporit sedangkan bukaan ambulaklar dan mulut terdapat di bagian oral. Bintang laut ini memiliki granul-granul kecil yang menutupi cakramnya. 

Pada umumnya Linckia laevigata memiliki warna biru pada bagian aboral. Bintang laut ini bisa tumbuh hingga diameter 30 cm (11,8 inch ), dengan ujung membulat di setiap lengan; beberapa individu mungkin memiliki bintik-bintik yang lebih terang atau lebih gelap di sepanjang lengan mereka. 

Genus Linckia memiliki kemampuan regeneratif yang luar biasa dan mempunyai kekuatan autotomi pertahanan terhadap predator. Bintang laut ini dapat ditemukan pada kedalaman 2-3 meter. 

 Menurut Aziz (1996) berdasarkan jenis makanannya, biota ini termasuk pemakan sisa-sisa organisme lain (scavenger), kemungkinan juga pemakan jamur (saprofit), bahkan juga bisa disebut sebagai pemakan mikroalga (grazer). Dari sifat makan ini, Linckia Laevigata berperan dalam menjernihkan laut sehingga dapat memberikan keuntungan bagi terumbu karang karena salah satu faktor pembatas kehidupan terumbu karang adalah kecerahan atau kekeruhan. 

#sahabatbunaken kalau ingin melihat bintang laut cantik ini, ayo sempatkan waktu dan berkunjung ke Taman Nasional Bunaken dan bila kita menjumpainya, disarankan untuk tidak menyentuh, mengambil dan memindahkan Si Biru imut ini yahh.. 🙂

SHARE
One thought on “Bintang Laut (Linckia laevigata)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *